Chairul Tanjung via CT Corp Akuisisi Carrefour Indonesia US$ 750 Juta

Di Terbitkan Ardana


Chairul Tanjung via CT Corp Akuisisi Carrefour Indonesia US$ 750 Juta

Duniaindustri (November 2012) - Pengusaha nasional Chairul Tanjung melalui CT Corp telah mengambil alih 100% saham PT Carrefour Indonesia. CT Corp mengambil alih 100% PT Carrefour Indonesia melalui PT Trans Retail dengan nilai US$ 750 juta untuk pembelian 60% saham. Sebelumnya, sejak dua tahun lalu PT Trans Retail telah memiliki 40% saham PT Carrefour Indonesia. Saat itu, PT Trans Retail membeli 40% saham senilai US$ 350 juta.

Menurut Chairul, dengan menguasai 100% Carrefour, pihaknya tetap memiliki hak untuk menggunakan nama Carrefour secara eksklusif selama lima tahun. "Selama lima tahun kami bisa menggunakan nama Carrefour. Setelah lima tahun, kalau kami masih ingin menggunakan nama Carrefour, kami harus membayar royalti," ujar pengusaha berumur 50 tahun itu.

Pembelian 60% saham Carrefour ini, CT Corp melalui anak usahanya PT Trans Ritel mendapatkan utangan dari 10 bank internasional. Adapun 10 bank tersebut yakni, Credit Suisse, BNP Paribas, JP Morgan Securities, ING Bank, ANZ, Goldman Sachs, Deustche Bank, RBS, Standard Chartered Bank dan Bank of Mitsubishi UFC.

Didirikan tahun 1998, PT Carrefour Indonesia saat ini merupakan pemimpin pasar yang terkemuka, menguasai lebih dari 40% pangsa pasar di segmen hypermarket dan supermarket dengan jaringan operasional yang terdiri dari 85 gerai atau pusat perdagangan di 28 kota di Indonesia dan mempekerjakan sekitar 28,000 karyawan. Selain itu perusahaan ini bermitra dengan lebih dari 4,000 pemasok (dimana 70% adalah UKM) dan melayani lebih dari 72 juta pelanggan di seluruh Indonesia.

Trans Retail mengakuisisi 40% kepemilikan saham di PT Carrefour Indonesia pada bulan April 2010 dan pada tahun 2011, penjualan PT Carrefour Indonesia telah melampaui US$ 1.3 milliar. Carrefour S.A. adalah kelompok usaha ritel terbesar kedua dalam hal perolehan pendapatan. Beroperasi utamanya di Europa, Amerika Selatan dan Tengah, Timur Tengah, Cina dan Asia Tenggara. Pada tahun 2011, perusahaan ini membukukan penjualan bersih sebesar EUR 81,271 juta.

Gerai Carrefour saat ini sebanyak 85 gerai dan berada di 28 kota. Pemilik kelompok usaha CT Corporation, Chairul Tanjung, menjelaskan PT Carrefour Indonesia menyumbang 60% dari pendapatan CT Corporation di 2011. "Penjualan Carrefour selama 2011 berkisar Rp 15 triliun," katanya.

Sementara pendapatan usaha CT Corporation, yang sebelumnya bernama Para Group, pada 2011 mencapai sekitar Rp 25 triliun. "Pendapatan seluruh perusahaan di bawah bendera CT Corporation mencapai Rp 25 triliun," kata Chairul.
Dia menjelaskan setiap dua tahun pendapatan CT Corporation tumbuh dua kali lipat atau sekitar 40% setiap tahun. CT Corporation terdiri dari tiga anak usaha, Mega Corp, Trans Corp, dan CT Global Resources yang bergerak di sektor finansial, media, ritel, gaya hidup, hiburan, dan sumber daya alam.

Chairul yang menjadi orang terkaya di Indonesia nomor 11 menurut versi Forbes di 2011 dengan kekayaan US$ 2,1 miliar menerangkan, Carrefour menjadi penyumbang pendapatan terbesar bagi CT Corporation. Sebelumnya, Trans Corp, kelompok usaha dari Para Group milik Chairul Tanjung, mengakuisisi 40% saham PT Carrefour Indonesia sekaligus menjadi pemegang saham terbesar pada April 2010. Nilai akuisisi atas perusahaan ritel terbesar di Indonesia itu lebih dari US$ 300 juta atau sekitar Rp 2,7 triliun.

Chairul menyatakan dana akuisisi didapat dari pinjaman konsorsium empat bank asing sebesar US$ 350 juta, yaitu Credit Suisse, Citibank, JP Morgan, dan ING Commercial Bank. Untuk melunasi pinjaman akuisisi Carrefour ini, Trans Corp akan menggali utang baru dengan menerbitkan obligasi global. Uniknya, penjamin emisinya juga empat bank yang memberi pinjaman dana untuk akuisisi Carrefour.

Dengan penguasaan 40% saham Carrefour Indonesia, Trans Corp mendapatkan hak atas posisi empat komisaris dan dua direksi. Chairul menjabat presiden komisaris. Dua posisi komisaris Trans Corp diisi mantan Kapolri Bimantoro dan mantan Kepala Badan Intelijen Negara AM Hendro Priyono. Carrefour Indonesia mengoperasikan 79 gerai, terdiri 63 hypermarket dan 16 supermarket di 22 kota. Pada 2009 penjualan Carrefour Indonesia mencapai Rp 11,7 triliun.

Penyumbang pendapatan terbesar kedua atau sekitar 20% bagi CT Corporation berasal dari Trans Media. Selain itu, pendapatan juga dikontribusi dari bisnis ritel seperti Metro Departemen Store dan jasa travel AntaTour dan FayaTour.(Tim Redaksi 03)

Sumber : DuniaIndustri.com

Jangan lupa tinggalkan :Cendolbig

Postingan menarik lainnya:

22 Nov, 2012


-
Source: http://kaskusbetarefresh.blogspot.com/2012/11/chairul-tanjung-via-ct-corp-akuisisi.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com
Diterbitkan Oleh : Lebihunik.com

ARTIKEL TERKAIT