Alasan Mengapa Harga Sepeda MTB begitu MAHAL Gan!!

Di Terbitkan Ardana

Assalamuailaikum agan dan sista,
ini thread pertama ane, dan mudah2n gk [imagetag] amiiinn. [imagetag]
dan kalo berkenan ane minta [imagetag][imagetag] hahaha [imagetag]. jgn lupa komennya ya agan2

langsung aja, ane mau kasih tau, sekedar info tentang harga sepeda mtb. contohnya yang kita tau harga downhill dengan merk terkenal mencapai puluhan juta tapi ternyata tidak begitu mahal jika dibandingkan harga sepeda lain.

Menurut kategori sepeda gunung, harga sepeda MTB dibagi atas XC, Trail, AM, Freeride dan Downhill. Apakah benar sepeda dengan spesifikasi di medan terberat membuat harga sepeda lebih mahal dan mahal. Ternyata tidak juga, hal ini sudah terbukti bahwa jenis sepeda tidak bisa dijadikan patokan mahal tidaknya. Tentu menjadi pertanyaan lain, mengapa sepeda gunung menjadi mahal, bahkan sangat mahal saat ini.

Diawal tahun 1990 an, sepeda MTB masih dirancang sederhana. Untuk model Downhill bike saat itu menjadi model sepeda termahal, karena kekuatan menjadi nilai dari harga sebuah sepeda Downhill. Tetapi berkembangnya teknologi, harga sepeda saat ini malah berbalik. Dari berbagai jenis sepeda XC, Trail, AM, Freeride dan Downhill. Yang awalnya termurah dimulai dari kelas XC, sekarang jenis sepeda cross country (XC) dan All Mountain (AM) lah umumnya lebih mahal.

Hal tersebut sudah terlihat sejak pameran Interbike di Amerika dan pameran sepeda di Eropa tahun 2009.
Kehandalan sepeda Downhill dengan kekuatan komponen harus dikalahkan oleh harga sepeda jenis XC yang ringan. Satu sepeda XC tipe mutakhir sudah mengejar harga $10.000.
Lihat saja model YT Fast Forward Mountain Bike, harganya setara sepeda Downhill papan atas. Mau lebih hebat lagi dari Mountain Bike Scott Genius Limited, ditawarkan harga penuh 10.000 dollar dengan spesifikasi komponen paling atas. Sedangkan sepeda Downhill malah jarang berada pada angka $5.000.
Lihat saja edisi terbaru dari Specialized Epic Carbon dibawah ini, dibandrol $9.400. Hampir satu mobil hanya untuk sebuah sepeda.[imagetag]
Atau sepeda Ibis Mojo HD edisi terbatas tipe full bike dibawah ini, setara harga 2 atau 3 motor. Coba anda cermati harga dibawah ini. Total harga sepeda $6.440, framenya saja $2.400. Artinya anda harus membayar $ 4.440 untuk komponen sepeda ini.[imagetag]
Sepeda mahal bisa menembus harga puluhan juta karena mengunakan komponen per-komponen terbaik
Ketika sepeda Downhill mengejar kekuatan dan menekan sedikit bobot serta memprioritaskan teknologi baru pada sistem suspensi yang kuat. Sepeda Downhill tidak memerlukan sepeda yang ringan, rata rata sepeda Downhill malah berada diatas 16kg. Sepeda Downhill tidak perlu mengurangi bobotnya, tetapi kekuatan.
Sepeda XC mengejar bobot ringan dan semakin ringan dengan teknologi baru, seperti komponen carbon yang membuat sepeda jauh lebih ringan dari sepeda biasa. Tidak heran bila sepeda paling mahal sudah menyentuh berat 10kg atau mungkin lebih rendah.

Satu pesatu komponen sepeda XC dipangkas mengunakan bahan carbon fibre yang ringan. Setiap komponen sepeda XC memiliki nilai. Selisih 50g saja akan menentukan selisih dari total harga sebuah sepeda.
Semakin mahal komponen, semakin presisi kemampuannya bahkan sangat presisi karena dibuat dengan mesin CNC. Belum lagi material bahan yang mahal, seperti jenis aluminium papan atas atau bahan titanium yg ringan tetapi kuat dimasukan kedalam komponen sepeda. Komponen jenis tersebut sudah banyak digunakan untuk sepeda dan pastinya masuk kategori premium.

Belum lagi proses pembuatan yang melibatkan antar negara. Umumnya frame carbon sebagian besar dibuat di negara China, lalu di finishing di Taiwan. Dari sana baru dirakit oleh pemilik merek dan di distribusikan ke seluruh dunia. Yang lebih gila bila si produsen membuat di negaranya sendiri. Misalnya merek sepeda Amerika membuat frame carbon di Amerika sendiri. Harganya jauh lebih mahal dari frame carbon China atau Taiwan. Maklum, gajinya juga beda dan diproduksinya tidak banyak.[imagetag] Demikian juga sepeda gunung model XC dan sepeda All Mountain, yang terus mengembangkan perubahan pada teknologi suspensi dan bahan frame.
Jadi tidak ada kata mahal dan murah pada jenis sepeda MTB. Semakin hebat teknologi yang dimiliki dan ringan, menjadi nilai mahal tidaknya sebuah sepeda. Semakin hebat dan rumit sistem suspensi menambah harga sebuah sepeda lebih mahal. Karena pabrikan merek sepeda harus memesan khusus , ditambah harus membayar biaya paten pada teknologi tertentu. Misalnya SPLIT PIVOT suspension system

Coba anda hitung biaya sebuah sepeda yang dijadikan sepeda impian bagi sebagian orang. Sebuah frame sepeda full suspensi bermerek mencapai 10 - 15juta, ditambah shock depan yang ringan minimal 4 juta, groupset papan atas lengkap dan komponen lainnya 13-20 juta. Belum komponen wheelset atau roda premium, dan komponen khusus berbahan karbon. Bila ditotal nilai sebuah sepeda ringan dengan mudah menembus anggaran 30 juta plus plus.

sumber ; http://www.goesbike.com/articles/218...eda/Page1.html

Postingan menarik lainnya:

24 Nov, 2012


-
Source: http://kaskusbetarefresh.blogspot.com/2012/11/alasan-mengapa-harga-sepeda-mtb-begitu.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com
Diterbitkan Oleh : Lebihunik.com

ARTIKEL TERKAIT