Sekelumit Kisah Nokia Sebelum Dibeli Microsoft

Di Terbitkan Ardana

Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!
Nokia dan ponselnya mempunyai banyak cerita tersendiri seiring dengan perjalanan panjangnya di pasar ini. Inovasi, desain menarik dan selalu menjadi nomor satu adalah sekelumitnya.

Tahun 2013 ini ada sebuah kejutan, karena layanan bisnis ponsel Nokia--yang merupakan tulang punggung bisnisnya--dibeli oleh Microsoft. Kejutan? Bisa jadi atau mungkin juga tidak.

Pasalnya, di masa lalu pun banyak cerita yang jarang orang tahu dan riuhnya tak seperti saat ini di mana gadget atau ponsel adalah soal persaingan di antara kebutuhan.

Nah, berikut beberapa cerita tentang Nokia yang mungkin belum banyak orang tahu dan bisa jadi mengejutkan bila itu terjadi di masa sekarang. Seperti yang detikINET kutip dari berbagai sumber, Rabu (4/9/2013).

http://images.detik.com/content/2013/09/04/317/nokia7.jpg


1. Perang Paten dengan Qualcomm

http://images.detik.com/content/2013/09/04/317/084245_nokia1.jpg

Beberapa tahun terakhir, jagat teknologi dibuat heboh dengan perseteruan antara Apple dengan Samsung terkait paten. Bahkan perang ini masih berlangsung hingga saat ini.

Tapi jangan salah, Nokia pun pernah terlibat perseteruan mengenai masalah paten yang membuatnya harus berurusan dengan pengadilan di sejumlah negara.

Perang paten tersebut menyeret Nokia dengan Qualcomm, yang tak lain adalah chip ponsel yang biasa dibenamkan di piranti Nokia saat itu.

Perang di sejumlah pengadilan ini terjadi pada tahun 2007. Tepatnya bulan April ketika perjanjian di antara keduanya berakhir.

Saat itu Nokia melihat ada sejumlah paten yang dilanggar oleh chip Qualcomm yang terkait dengan ukuran dan energi efisien. Perusahaan asal Finlandia itu pun mengajukan kepada pihak berwenang untuk melarang impor ponsel yang mengandung chip Qualcomm.

Sengketa ini berakhir damai, setelah sebelumnya sejumlah pengadilan menolak tuntutan Nokia tersebut.

 

2. Nokia Text Messenger

http://images.detik.com/content/2013/09/04/317/084410_nokia2.jpg

Ketika layanan instant messaging begitu populer di dunia, Nokia malahan sudah selangkah lebih maju. Ini tepatnya terjadi pada tahun 2008, ketika Nokia memperkenalkan apa yang disebut Nokia Text Messenger.

Nokia Text Messenger memungkinkan orang berbincang dari ponsel ke PC dan sebaliknya.

Selain itu, layanan ini dapat menampilkan SMS-SMS terbaru dari ponsel Nokia ke PC. Bahkan memungkinkan penggunanya untuk membalasnya langsung dari komputer miliknya. Layanan ini cukup canggih di masanya.

Memang gaungnya tak begitu terdengar nyaring, sehingga membuat nama Nokia Text Messenger tenggelam begitu saja.


3. GPS Real Time di Ponsel

http://images.detik.com/content/2013/09/04/317/084523_nokia3.jpg

Sebelum Google Maps menjajah perangkat mobile. Nokia boleh dibilang telah memikirkannya sejak beberapa tahun lalu.

Ketika itu di tahun 2008, Nokia dan para ilmuwan dari Universitas California berhasil mengujicobakan teknologi yang dapat menghadirkan informasi terkini mengenai kondisi jalan, hanya melalui sebuah perangkat GPS di ponsel.

Software khusus yang dikembangkan tersebut mampu membaca secara cepat data yang terdeteksi melalui GPS pengendara, baik itu kecepatan berkendara maupun lokasinya.

Data tersebut masuk ke dalam server untuk kemudian sebuah software lainnya bertugas untuk membentuk pencitraan keadaan jalan secara realtime dan juga memprediksi jangka waktu yang dibutuhkan untuk bisa mencapai tujuan.

4. Tablet Wimax Pertama

http://images.detik.com/content/2013/09/04/317/084641_nokia4.jpg

Di tahun 2008, ketika banyak para vendor ponsel masih berkutat pada jaringan 3G--yang memang baru booming penggunanya, Nokia sudah memikirkan perangkat dengan jaringan jauh lebih cepat.

Di Amerika, Nokia telah menjadi vendor ponsel pertama yang mengembangkan perangkat telepon genggam memiliki kemampuan nirkabel kecepatan tinggi.

Adalah tablet seri N810 yang dipersenjatai dengan teknologi Wimax dan layar sentuh berukuran 4.13 inci. Di masa itu teknologi Wi-fi pun yang tetap berdampingan dengan Wimax di dalam perangkat ini. Adalah suatu kemajuan pesat.

Untuk menerapkan teknologi Wimax, Sprint telah mengajak beberapa partner untuk bekerja sama seperti perusahaan penyedia jaringan ClearWire, Comcast, Intel dan Google.


5. Ponsel NFC Pertama

http://images.detik.com/content/2013/09/04/317/084742_nokia5.jpg

Teknologi Near Field Communication alias NFC memang menjadi fitur wajib bagi smartphone saat ini. Malahan sering dijadikan gimmick untuk berjualan agar piranti terlihat semakin canggih.

Tapi tahukah Anda, Nokia sudah mengembangkan handset seri 6212 Classic yang dibenamkan dengan fitur NFC pada tahun 2008.

Dan seperti fungsinya saat ini, memungkinkan pengguna saling berbagi konten hanya dengan menghubungkan dua ponsel secara bersamaan. Ponsel tersebut dapat menerima dan mengirim file audio, atau konten download lainnya, dari perusahaan penyedia layanan secara simultan.

6. Memiliki Symbian, Kemudian Membunuhnya

http://images.detik.com/content/2013/09/04/317/084843_nokia6.jpg
Ponsel cerdas milik Nokia memang telanjur melekat dengan sistem operasi Symbian. Sehingga tak sedikit orang yang menyangka bahwa Symbian merupakan milik dari Nokia.

Kenyataanya tidak, Symbian nyatanya dikembangkan melalui Yayasan Symbian. Dan baru di sekitar akhir tahun 2008, Nokia mengambil alih sebagian besar kepemilikan Symbian.

Disebut-sebut, Nokia harus menggelontorkan dana hingga USD410 juta untuk memuluskan langkahnya tersebut.

Sayangnya Symbia pada akhirnya dibunuh oleh Nokia. Menurunnya performa Symbian, persaingan sengit dengan Android dan iOS, ditambah lagi Nokia memilih menggandeng Windows Phone dari Microsoft.

7. Ponsel Berbahan Wah

http://images.detik.com/content/2013/09/04/317/085011_nokia7.jpg
Nokia pernah mengembangkan sebuah ponsel dengan harga wah untuk ukuran saat itu, malah bila dikonversikan saat ini pun masih terbilang sangat mahal untuk sebuah ponsel.

Ponsel yang dibuat di Nokia 880 bukan balutan berlian atau emas yang biasa ditemui saat ini. Melainkan bahan yang digunakan, yakni Carbon Arte.

Bahan tersebut diklaim terbuat dari material fiber karbon, titanium, polished glass, dan alumunium.

Dengan Kemampuan 3G, kamera 3,2 megapiksel auto fokus, audio kualitas tinggi, didukung dengan layar OLED, memori internal hingga 4 GB ponsel ini dibanderol USD 1.620 atau hampir Rp 17 juta. Wah!



sumber | wowunic.blogspot.com | http://inet.detik.com/read/2013/09/04/083525/2348651/317/sekelumit-kisah-nokia-sebelum-dibeli-microsoft

UNIC 26 Sep, 2013


-
Source: http://wowunic.blogspot.com/2013/09/sekelumit-kisah-nokia-sebelum-dibeli.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com
Diterbitkan Oleh : Lebihunik.com

ARTIKEL TERKAIT