Tanpa Gelar Pahlawan Bung Karno Tetap Sang Proklamator

Di Terbitkan Ardana

"WELCOME TO MY THREAD"

[imagetag][imagetag]

\===========================================/

[imagetag]

JAKARTA â?? Sekjen PDI Perjuangan Tjahjo Kumulo, menyambut baik pemberian gelar pahlawan terhadap proklamator Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) Soekarno. Sehingga, pemberian gelar ini memulihkan nama baik Bung Karno yang selama bertahun-tahun oleh rezim Orde Baru disebut sebagai pengkhianat negara.

â??Saya menyambut baik keputusan Pemerintah RI untuk memberikan status gelar "pahlawan nasional" terhadap Bung Karno. Keputusan tersebut adalah tanggung jawab sejarah kita sebagai sebuah bangsa yang besar karena bertahun-tahun lamanya tokoh pendiri bangsa dan negara Indonesia itu berada dalam situasi kabut politik yang mencemarkan nama baik Bung Karno karena rezim Orde Baru pada waktu itu menuduh beliau telah melakukan pengkhianatan terhadap Negara,â?? ujar Tjahjo dalam keterangan tertulisnya, Rabu (7/11/2012).

Disamping itu, kata dia, secara politik tudingan sebagai pengkhianat Negara yang dituangkan dalam Tap MPRS 33 tahun 1967 itu tidak sah. â??Tuduhan keji tersebut dituangkan dalam Tap MPRS 33 tahun 1967 yang sekaligus mencabut kekuasaan Presiden dari Bung Karno. Dengan ditetapkan Bung Karno sebagai tokoh pahlawan nasional bangsa Indonesia maka tuduhan Bung Karno terlibat dalam aksi pengkhianatan terhadap negara sebagaimana yang dituduhkan dalam TAP MPRS No 33 tahun 1967 itu dinyatakan tidak lagi sah secara politik,â?? jelas dia.

Sementara sebelumnya, kata dia, secara juridis formal ketatanegaraan TAP MPRS 33 tahun 1967 tersebut juga telah dinyatakan tidak berlaku lagi setelah dikeluarkannya Tap MPR No I tahun 2003 tentang peninjauan status hukum seluruh Tap MPRS/MPR sejak tahun 1966 sampai 2002.

Quote:â??Dengan pengangkatan gelar pahlawan nasional terhadap Bung Karno tersebut, maka akan membuat nama baik Bung Karno, baik secara hukum maupun politis telah dipulihkan kembali,â?? kata anggota Komisi I DPR itu.

Dia juga mengakui meski Bung Karno tidak diberi gelar pahlawan nasional, Bung Karno tetaplah tokoh besar dan berjasa besar terhadap NKRI. Sebagai proklamator, Bung Karno memiliki tempat tersendiri dihati rakyat.

â??Meskipun tanpa pengangkatan gelar pahlawan nasional tersebut Bung Karno sampai saat ini tetap sebagai tokoh besar dan pendiri bangsa yang masih tetap dicintai rakyatnya, namun dengan keluarnya keputusan pemerintah tersebut, di masa yang akan datang, letak dan posisi nama besar Bung Karno dan ajaran-ajarannya khsnya tentang Pancasila akan semakin mendapatkan tempat yang sempurna di hati rakyat dan bangsa Indonesia,â?? ucapnya.

sumber

[imagetag][imagetag][imagetag]

pesan TS
Quote:HARI PAHLAWAN
Terimakasih Para Pahlawan yg gugur, yg namanya tidak kami kenal, tidak tercatat sejarah, merekalah Pahlawan Tanpa Tanda Jasa yg sebenarnya.

Postingan menarik lainnya:

10 Nov, 2012


-
Source: http://kaskusbetarefresh.blogspot.com/2012/11/tanpa-gelar-pahlawan-bung-karno-tetap.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com
Diterbitkan Oleh : Lebihunik.com

ARTIKEL TERKAIT