Kupas tuntas tentang keracunan jengkol!

Di Terbitkan Ardana

TERIMA KASIH TELAH MAMPIR GAN

kali ini ane bakal ngebahas secara tuntas kasus yang masi sering terjadi di masyarakat..sepertinya sepele tp klo dibiarkan bisa bahaya!!

Semua kita pasti tau apa itu jengkol (Pithecollobium Jiringa),Di Indonesia jengkol disebut dengan banyak nama,jengkol (jawa),jaring(sumatera), Jaawi(lampung),kicaang(sunda),lubi(Sulawesi Utara) dan blandingan (Bali)

di Indonesia penggemar jengkol yg berbau khas :najis ini sangat di gemari...
baik dalam bentuk semur, rendang, bahkan dapat di lalap sekalipun,,tp sayangnya secara medis sayuran ini bisa membuat keracunan bila dimasak dengan tidak benar. Kenapa bisa? Penasaran? Simak lebih lanjut..

Pda malam mggu yg lalu TS tengah Jaga malam di Salah satu rumah sakit di Medana,kemudian datang seorang pasian bapak2 berumur 32 tahun dengan keluhan,sulit buang air kecil dan sakit pada bagian perut dekat pinggang,awalnya ts menduga bahwa si bapak mengalami nyeri yg disebabkan ada naya batu di saluran kencing,tp stelah melakukan anamnesa lbh dalam ternyata 3 jam sebelumnya si bapak ada riwayat bnyak makan jengkol,pd akhirnaya ts menyimpualkan si bapak mengalami keracunan jengkol,akibat pengaruh dari asam jengkolat yang terkandung di dalam jengkol.

Asam jengkolat ini merupakan suatu senyawa protein asam amino yang bersifat asam dan mengandung beberapa gugus sulfur atau belerang,senyawa kimia ini dapat menimbulkan suatu keadaan keracunan bila kondisi tubuh dalam keadaan asam dan dapat menimbulkan kerusakan pada ginjal.

asam jengkolat ini aakan mengendap dalam ginjal dan akan membentuk kristal2 runcing,,bayangkan aja kristal2 runcing tersebut ada di saluran kencing agan2 sekalian,kristal runcing tersebut dapat melukai pembuluh darah ginjal dan menyebabkan susah buang air kecil(walaupun bisa akan bercampur dgn darah)

ADapun Gejala2 klinis keracunan jengkol :

Untuk menghindari terjadinya keracunan jengkol,asebaiknya agan2 jgn terlalu bnyak mengonsumsi jengkol,,tp aadi sebagian sumber ada yg menyebutkan keracunan pada jengkol tidak dipengaruhi oleh kuantitas(juamlah) jengkol yg dimakan melainkan tergantung pada kerentanan seseorang terhadap keracunan tsb,,seandainya agan2 merasakan gejala2 dan tanda2 keracunan trsbut,segeralah kerumah sakit,,ato Dari saran yg TS denger dari DOsen yaitu dengan meminum air sodaa,soda akan membantu menghancuyrkan kristal2 yg mengendap pada saluran kencing,,

SEAKIAN THREAD SEDERHANA DARI ANE
SEMOGA BISA JADI REFERENSI BUAT AGAN2 SEKALIAN

MAAF BELEPOTAN COZ MASI NEWBIE

HARGAI TS DENGAN

:rate5 :rate5

TS JG TIDAK MENOLAK

:cendolbig :cendolbig

Postingan menarik lainnya:

25 Sep, 2012


-
Source: http://kaskusbetarefresh.blogspot.com/2012/09/kupas-tuntas-tentang-keracunan-jengkol.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com
Diterbitkan Oleh : Lebihunik.com

ARTIKEL TERKAIT