Wauaw...Pria ini Ciptakan Cahaya dari Zat Pemutih

Di Terbitkan Ardana

Hanya berbekal air, botol plastik, dan zat pemutih, seorang montir asal Brasil berhasil menciptakan cahaya tanpa aliran listrik. Alfredo Moser, nama montir itu, membuat alat penerangan dengan memanfaatkan kemasan air mineral yang diisi air bercampur zat pemutih khusus.

 

Moser mengatakan, cahaya yang dibikin memanfaatkan sinar matahari yang menyinari botol sepanjang hari. Zat pemutih membantu mensterilkan air dari organisme renik yang berkembang biak di dalam air.

"Sistem pencahayaan ini bekerja menggunakan pembiasan sinar matahari," kata Moser, Kamis 15 Agustus 2013.

Untuk mendapatkan pasokan sinar matahari sepanjang hari, bagian atas botol dipasang di atas genteng dengan perekat khusus sehingga tetap berdiri pada posisinya. Moser mengklaim penerangan dari botol bekas itu setara dengan bohlam berdaya 40-60 Watt.

Ia sudah menggunakan "lampu" sederhana buatannya itu sejak 2002 untuk menerangi ruangan rumahnya. Bahkan alat penghasil cahaya buatan Moser sudah jamak digunakan di berbagai negara berkembang di belahan dunia, di antaranya telah dipasang pada 140 ribu rumah di Filipina ataupun 15 negara lain termasuk Argentina, India, dan Fiji.

Moser mengisahkan ide membuat penerangan sederhana muncul saat sering terjadi pemadaman listrik di Brasil pada 2002. Saat itu hanya pabrik di selatan Brasil yang mendapatkan pasokan listrik. Saat itu atasan Moser di bengkel menyarankan penggunaan botol plastik berisi air sebagai lensa untuk memfokuskan sinar matahari ke arah rumput kering agar tercipta api. Konsep ini kemudian dijadikan dasar untuk mengembangkan alat penghasil cahaya.

"Ini adalah cahaya ilahi. Tuhan memberi matahari untuk semua orang, dan cahaya juga ditujukan bagi semua orang," kata Moser seperti dikutip dari laman Daily Mail. Ia menegaskan siapapun bisa menerapkan metode ini untuk menciptakan cahaya tanpa keluar banyak biaya.

Penemuan cahaya penerangan milik Moser rencananya akan dipasang pada lebih dari satu juta unit rumah. Ia juga akan menularkan proses pembuatan alatnya ini untuk masyarakat lain di negara-negara miskin.
The secret of the liquid filling normal plastic drinks bottles that are often thrown away, is two capfuls of bleach

                                 It is predicted that his lighting system, which works using refraction of sunlight, will be in over a million homes by the end of this year 

It was his boss that suggested using a plastic bottle filled with water 

depending on the strength of sunlight, the light created in his home is the equivalent to between 40 and 60 watts 

                                It is predicted that his lighting system, which works using refraction of sunlight, will be in over a million homes by the end of this year 

Mr Moser (pictured) earned a few dollars installing the lights in his local super market 

A charity now also incorporates water bottles in roofs (pictured) 

The bottles make for a distinctive lighting solution in many homes across the world 

Moser lamps (pictured) have reportedly been fitted in over 140,000 homes

sumber | wowunic.blogspot.com | http://forum.viva.co.id/iptek/1143183-ajaib-pria-ini-ciptakan-cahaya-dari-zat-pemutih.html

kabar silla 13 Sep, 2013


-
Source: http://wowunic.blogspot.com/2013/09/wauawpria-ini-ciptakan-cahaya-dari-zat.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com
Diterbitkan Oleh : Lebihunik.com

ARTIKEL TERKAIT