SEKAT TUBRUKAN

Di Terbitkan Ardana

semoga ga :repost ya juragans

SEKAT TUBRUKAN / COLLISION BULKHEAD

Selamat datang para juragan, di sini ane mau membagi sedikit pengetahuan ane tentang dunia perkapalan

Agan agan sekalian pasti ada yang pernah naik kapal, atau paling tidak nonton kapal di TV :hammers (mungkin pernah mendengar tentang kecelakaan kapal). Banyak sekali peristiwa kecelakaan kapal yang terjadi di abad ini kan? Nah, tahukah agan2 sekalian kenapa kebanyakan kapal yang mengalami tabrakan tidak langsung tenggelam, sehingga masih memungkinkan proses evakuasi terhadap penumpang dan bahkan muatan barang yang diangkut?

Spoiler for jawaban:

Kalau di mobil atau kendaraan darat lainnya kita mungkin mengenal yang namanya BUMPER[(adalah suatu benda /alat keselamatan dari tubrukan yg dipakai di darat) maka di kapal pun juga ada benda yang serupa yang disebut COLLISION BULKHEAD. Namun bedanya adalah bila bumper di mobil dipasang di luar body sedangkan bumper di kapal dipasang di dalam body kapal itu sendiri :bingungs.

Ya, di kendaraan darat peletakan pelindung seperti bumper mungkin tidak terlalu berpengaruh terhadap hambatan udara, namun beda halnya di kapal. Pelindung sengaja diletakan di dalam karena yang dilindungi adalah muatan(bisa makhluk hidup atau benda mati) dan yang terpenting adalah tidak mengganggu laju dan manuver kapal. Maksudnya di sini adalah tidak mengurangi kemampuan laju kapal karena di air hambatan akan begitu besar apabila bentuk bangunan/kendaraan/konstruksinya yang berada di bawah garis air tidak streamline, sehingga tidak hidrodinamis.

Pemasangan sekat tubrukan ini sangat dibutuhkan sekali untuk menghindari masuknya air dari ceruk haluan atau bagian depan kapal ke dalam ruang muat pada saat kapal mengalami tubrukan atau kandas, itulah jawaban mengapa kapal yang bertubrukan tidak langsung tenggelam atau bahkan bisa selamat.

Di dalam kapal banyak sekali jenis sekat, namun sekat tubrukan inilah yang paling istimewa, karena sekat ini memiliki kekuatan yang lebih dari segi konstruksi dan ketebalannya. Tedapat aturan internasional tentang keharusan kapal memiliki sekat ini, yaitu diatur dalam peraturan SOLAS (Safety Of Life At Sea) salah satu produk dari IMO (International Maritime Organization) yaitu organisasi yang mengatur kemaritiman dunia.

KESIMPULANNYA sekat tubrukan dapat mengurangi resiko banyaknya korban nyawa maupun benda pada saat terjadi kecelakaan kapal.







Kalau berkenan



Postingan menarik lainnya:

06 Oct, 2012


-
Source: http://kaskusbetarefresh.blogspot.com/2012/10/sekat-tubrukan.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com
Diterbitkan Oleh : Lebihunik.com

ARTIKEL TERKAIT