Anjing ini Berhasil Selamatkan seekor Kucing...Ternyata Anjing dan Kucing Bisa Saling Menolong Juga ya

Di Terbitkan Ardana


Alih-alih kejar-kejaran seperti lazimnya anjing saat bertemu kucing. Di Selandia Baru, seekor anjing justru menyelamatkan nyawa seekor kucing.

 

Kisah heroik yang dilakukan anjing tersebut, sepeti diberitakan CBS News, bermula saat seekor kucing non-ras yang bernama Rorykedapatan tengah kesakitan. Oleh pemiliknya, Kim Edwards, kucing berusia tujuh tahun itu langsung dilarikan ke dokter hewan.

Ternyata, di rumah sakit itu, tim medis mendiagnosis Rory menderita perdarahan dalam akibat meminum racun tikus. Dan sebagai langkah penyelamatan, kucing itu harus segera mendapat transfusi darah.

Persoalannya, saat itu laboratorium darah sudah tutup. Sehingga, tidak mungkin untuk mengetahui tipe darah kucing tersebut.

Padahal, menurut Dokter Kate Heller yang menangani Rory, tipe darah kucing yang salah bisa berdampak kematian bagi Rory.

Akhirnya, tim medis memutuskan untuk melakukan tranfusi dengan menggunakan darah anjing. Sebab ada kemungkinan, sistem kekebalan kucing tidak langsung menolak darah asing. Artinya, cukup ada waktu untuk mempertahankan Rory dalam keadaan hidup, hingga ditemukan donor darah kucing yang sesuai.

Edwards bercerita, "Kami diberi tahu, kemungkinan besar tubuh Rory akan menolak darah tersebut. Tapi kami punya waktu lima hari hingga tubuh kucing bereaksi. Jadi waktu untuk mencari donor masih ada."

Lantaran itulah, Edward langsung menghubungi temannya yang memiliki anjing labrador hitam bernama Maci. Maci segera didatangkan ke rumah sakit untuk memberikan darahnya.

Dokter Heller menjelaskan, transfusi darah antar spesies tidak disarankan, karena tipe darah yang salah bisa mengakibatkan komplikasi serius. Tapi saat itu, tim dokter hewan yang menangani kucing Rory tidak memiliki pilihan lain.

Akhirnya mereka mengambil risiko tersebut untuk bisa memperpanjang masa hidup Rory. Ajaib, setelah satu jam pascatransfusi, Rory tampak sehat dan sudah bisa makan.

Sebelumnya, transfusi antarspesies memang sudah pernah terjadi. Namun, transfusi serupa itu hanya bisa dilakukan satu kali. Sebab, dosis kedua dari darah anjing diyakini justru akan mematikan seekor kucing dengan seketika. Jadi, semoga ini menjadi pengalaman pertama sekaligus terakhir bagi Rory. [tjs]
Critical: Ginger tabby, Rory, similar to this one pictured here, was saved by a blood transfusion from a dog


sumber | wowunic.blogspot.com | http://web.inilah.com/read/detail/2024534/anjing-pun-selamatkan-nyawa-kucing#.Uh_bUteE2RE

kabar silla 30 Aug, 2013


-
Source: http://wowunic.blogspot.com/2013/08/anjing-ini-berhasil-selamatkan-seekor.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com
Diterbitkan Oleh : Lebihunik.com

ARTIKEL TERKAIT