Cara Menghemat Battery Android Untuk Pemula

Di Terbitkan Ardana



Hallo sobat ! pada kesempatan kali ini saya akan bernbagi informasi tentang tips  dan trik menghemat battery android. Android saat ini adalah os smartphone paling populer yang mempunyai banyak kelebihan dan kelemahan, Salah satu kelemahan dari hp android adalah baterry yang cepat habis, jika kapasitasnya battery kecil. Apalagi kalau adroid ituu digunakan untuk bermain game dan browsing pasti batterynya akan cepat habis. Tanpa berlama lama lagi mari kita simak tips dan trik menghemat battrey android berikut ini.

Layar

Ini adalah pemakan daya paling besar dari smartphone. Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk bisa menurunkan konsumsi dayanya, antara lain: menurunkan tingkah kecerahan layar, sejumlah smartphone juga menyertakan opsi pengaturan tingkat kecerahan secara otomatis. Kurangi waktu screen timeout seminimal mungkin (sekitar 30 detik hingga 2 menit), sehingga ketika tidak digunakan, layar smartphone Anda akan segera mati.

Konektivitas

Matikan jenis koneksi yang sedang tidak Anda gunakan, seperti GPS, Bluetooth, atau Wi-Fi. Jika sedang menggunakan koneksi Wi-Fi, Anda juga bisa mengubah koneksi selular Anda menjadi 2G only, terutama ketika sinyal 3G di tempat Anda tidak terlalu bagus. Untuk opsi GPS, sebaiknya tidak dinyalakan secara terus-menerus. Sejumlah aplikasi terkadang membutuhkan data dari GPS untuk bisa bekerja. Jika Anda tidak yakin dengan fungsi GPS pada aplikasi tersebut (seperti game, screensaver, dan lain sebagainya), sebaiknya Anda matikan akses aplikasi tersebut pada opsi GPS.

Aplikasi

Multitasking adalah salah satu keunggulan smartphone dibanding feature phone, namun fitur tersebut juga salah satu penyebab konsumsi baterai yang boros. Gunakan task killer pada aplikasi yang sudah tidak digunakan, atau Anda bisa menggunakan tombol recent apps pada smartphone Android dengan sistem operasi Ice Cream Sandwich ke atas untuk mematikan aplikasi yang sudah tidak digunakan. Untuk lebih memastikan bahwa aplikasi tersebut tidak berjalan lagi, Anda bisa masuk ke opsi setting – apps – running, dan menekan tombol stop.

Opsi Power Saving

Sejumlah vendor smartphonesudah menyertakan pilihan Power Saving pada perangkatnya. Anda dapat mengaktifkan pilihan tersebut untuk bisa mengurangi penggunaan battery smartphone. Namun penggunaan pilihan ini juga harus berhati - hati, Karena sejumlah pilihan Power Saving biasanya juga akan mematikan konektivitas data dari smartphone anda. Hal tersebut dapat membuat aplikasi email dan message menjadi tidak bisa digunakan


Sekian dulu informasi dari saya semoga dapat menambah ilmu android anda.
Semoga bermanfaat dan terima kasih.
Diterbitkan Oleh : Lebihunik.com

ARTIKEL TERKAIT