Car Free Day Jakarta Diikuti Kota Lain

Di Terbitkan Ardana

Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!
Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan terus memperbaiki pelaksanaan hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) atau car free day di Jakarta.

Hal tersebut karena pelaksanaan car free day di Jakarta, telah dicontoh dan diikuti oleh beberapa kota lain di Indonesia. Hal ini disampaikan oleh Kepala Bidang Pelestarian dan Tata Lingkungan Badan Pengelola Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD) DKI Jakarta, Rusman Sagala. Ia mengatakan, tercatat ada 30 kota dan kabupaten di Indonesia, yang mencontoh pelaksanaan HBKB, yang diterapkan di Jakarta.

"Beberapa kota yang mencontoh diantaranya, Solo, Bandung, Yogyakarta, Medan dan Bogor. Tapi yang ditonjolkan oleh kota-kota lain baru event-nya saja. Tapi itu juga sudah bagus," katanya di Balaikota DKI Jakarta, Jumat (21/9/2012).

Rusman melanjutkan, bahkan pelaksanaan car free day di Jakarta juga dicontoh oleh kota-kota lain diada di kawasan asia seperti Manila, Bangkok, dan Nepal. Ia melanjutkan, perbedaan pelaksanaan car free day di tempat lain dengan di Jakarta adalah dalam Standar Operasional Prosedur (SOP). "Di Jakarta sudah ada SOP untuk pelaksanaannya, tapi di kota-kota lain belum ada," ucapnya.

Ia mengatakan, pelaksanaan car free day di Jakarta adalah untuk memenuhi amanat Peraturan Daerah nomor 2 tahun 2005 tentang Pengendalian Pencemaran Udara. Sebab, pertumbuhan kendaraaan di terus meningkat, sehingga perlu adanya upaya untuk mengendalikan gas karbon yang dikeluarkan dari kendaraan.

Menurutnya, pelaksanaan car free day di Jakarta telah melalui beberapa perbaikan. Pada awal digelar yakni di tahun 2005, pelaksanaannya dilakukan hanya satu tahun sekali. Kemudian diintensitas waktunya ditambah menjadi dua tahun sekali, tiap bulan, dua mingguan, dan akhirnya saat ini dilaksanakan setiap pekan yakni dari pukul 06.00-11.00.

Di tingkat provinsi HBKB digelar di sepanjang Jalan Sudirman-Jalan Thamrin. Sementara di tingkat kota di Jalan Sisingamangaraja untuk Jakarta Selatan, Jalan Pemuda untuk Jakarta Timur, kawasan Kota untuk Jakarta Barat, kawasan Sunter untuk Jakarta Utara, dan Jalan Soeprapto untuk Jakarta Pusat.(irw)

[imagetag]

Sumber

Postingan menarik lainnya:

22 Sep, 2012


-
Source: http://kaskusbetarefresh.blogspot.com/2012/09/car-free-day-jakarta-diikuti-kota-lain.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com
Diterbitkan Oleh : Lebihunik.com

ARTIKEL TERKAIT