Purwokerto yang sederhana

Di Terbitkan Ardana

WELCOME TO MY THREADS

Permisi agan"yang baik kali ini ane mau bikin threadh tentang kota kelahiran sekaligus kota tercinta ane ya itu Purwokerto:iloveindonesias,g banyak cingcong ane ajak agan"mengenal daerah ane dengan segala ke khas an dan kesederhanaan kota ane.Silakan di baca yak:iloveindonesias

Quote:


Spoiler for sejarah:

Awal-awal abad XX. Pada suatu kota. Saat itu, babak baru dalam tata ruang tengah memasuki kota tersebut. Setiap jalan terlihat lebar. Pepohonan hijau nan rindang meneduhi para pejalan kaki ketika melintas di area pedestrian. Jalan-jalan terlihat asri. Sulit untuk membedakan antara jalan utama dengan jalan penghubung. Di depan gedung karesidenan, terdapat sebuah taman kota. Taman Merdeka, nama taman itu. Sebuah taman untuk tempat warga kota melepas penat setelah kesibukan. Kota terasa nyaman bagi warganya. Inilah suasana Kota Purwokerto dengan perencanaan tata ruang yang baru. Suatu masa ketika Pulau Jawa mulai berkembang. Saat itu, kota-kota di Pulau Jawa tengah mengalami lonjakan penduduk. Kota-kota meledak. Hampir di setiap kota, pertambahan penduduk sekitar 10 kali sampai 20 kali lipat. Kota-kota, mengalami masalah akut tentang tata ruang. Pemerintah kolonial Belanda kelimpungan menghadapi persoalan itu. Sibuk mencari model pembangunan bagi kota-kota di Jawa.
Saat kesibukan meliputi Pemerintah Kolonial Belanda, Herman Thomas Kartsen menjejakkan kaki di Semarang pada 1914. Kota yang juga tengah mengalami persoalan pertambahan penduduk. Dalam catatan W.F. Wertheim melalui buku Masyarakat Indonesia dalam Transisi, pertambahan penduduk di kota itu hampir mencapai seratus persen. Di kota tersebut, Kartsen menemui Henri Maclaine Pont. Pont adalah teman Kartsen semasa kuliah di Insitut Teknologi Delf, Amsterdam, Belanda. Di Semarang, Pont mendirikan biro arsistek. Melalui Pont, Kartsen mendapat banyak informasi tentang keadaan Semarang dan kota lainnya. Kedatangan Kartsen di Semarang adalah guna merancang Kota Semarang dan kota-kota di Pulau Jawa.terdapat pabrik gula kalibagor



Demikian threadh ane mohon maah bila ada salah"kata dan maaf threadh ane masih berantakan,hehehe maklum newbie.Ditunggu buat agan" yang pengin mampir ke Purwokerto nanti ane ajak jalan"hehehe.
thread ane copas dari berbagai sumber bila berkenan bagi ijo" :cendols aus neh:iloveindonesias:iloveindonesias:iloveindonesia s

Postingan menarik lainnya:

19 Oct, 2012


-
Source: http://kaskusbetarefresh.blogspot.com/2012/10/purwokerto-yang-sederhana.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com
Diterbitkan Oleh : Lebihunik.com

ARTIKEL TERKAIT