Rahasia Langsing Orang Jepang

Di Terbitkan Ardana

Intisari-Online.com – Orang Jepang dikenal memiliki tubuh langsing, umur panjang, dan kualitas hidup yang lebih baik. Hal ini ternyata dipengaruhi oleh pola makan dan gaya hidup mereka yang dikenal sebagai Diet Jepang. Penelitian menunjukkan, orang Jepang mengonsumsi berbagai jenis makanan dibandingkan dengan orang Barat. Orang Jepang mengonsumsi lebih dari 100 jenis makanan setiap minggu, sementara orang-orang di Barat hanya makan sekitar 30 jenis makanan.

"Sebelumnya orang berpikir, itu semua dipengaruhi oleh gen, tetapi ketika orang Jepang mengadopsi pola makan gaya Barat, berat badan mereka akan meningkat pesat," ujar Naomi Moriyama, penulis buku Japanese Women Don't Get Old or Fat: Secrets of My Mother's Tokyo Kitchen, seperti dilansir WebMD.

Laporan dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan, orang Jepang memiliki rata-rata usia hidup sehat dan bebas dari cacat hingga 75 tahun, dan memiliki tingkat obesitas yang rendah.

Ada beberapa gaya Diet Jepang yang bisa kita lakukan untuk membuat tubuh langsing serta mendapatkan umur panjang. Berikut ini beberapa contoh yang dimaksud.

Makanlah dengan mata.

Makanan sehat yang seimbang terdiri atas makanan lezat rendah kalori, disajikan dengan porsi yang terkontrol sehingga mendorong orang untuk makan dan menikmati makanan. Orang Jepang makan rata-rata 25 persen lebih sedikit kalori daripada orang Amerika.
Disajikan dalam porsi kecil.

Di Jepang, makanan disajikan dalam piring-piring kecil dan mangkuk yang terpisah sehingga makanan tidak berada dalam satu piring besar. Orang bisa makan 45 persen lebih banyak dalam porsi lebih besar.
Orang Jepang lebih memilih beras.

Umumnya, beras Jepang dimasak dan dimakan tanpa menggunakan mentega atau minyak, dan disajikan dalam mangkuk kecil setiap makan, termasuk sarapan. Nasi akan membantu mengisi kalori dan meninggalkan sedikit ruang kosong di perut.
Secara teratur mengonsumsi sayuran.

Moriyana mengungkapkan, Jepang adalah salah satu negara yang mencintai sayuran, karena hampir semua jenis makanan di Jepang dicampur dengan berbagai jenis sayuran. Sebanyak 4 – 5 jenis sayuran dapat disajikan dalam satu kali makan.
Lebih memilih ikan daripada daging.

Orang Jepang lebih suka makan ikan daripada daging, mereka jarang makan daging merah. Ikan yang menjadi favorit mereka yaitu salmon, tuna segara, mackerel, sarden, dan herring, yang merupakan sumber terbesar dari asam lemak omega-3 yang baik untuk jantung.
Makanan penutup sehat.

Hidangan penutup khas Jepang adalah buah yang dikupas lalu dipotong dengan berbagai variasi, diatur di piring cantik atau secangkir teh hijau yang kaya antioksidan. Ini berbeda dengan orang-orang Barat yang lebih memilih es krim atau kue manis.
Orang Jepang banyak berjalan.

Berjalan atau bersepeda adalah bagian dari kehidupan sehari-hari di Jepang. Selain itu, peraturan di Jepang tidak memungkinkan lift gedung itu yang hanya memiliki 4 lantai sehingga memberikan kesempatan lebih besar bagi warga untuk membakar kalori.

Sumber

Postingan menarik lainnya:

09 Sep, 2012


-
Source: http://kaskusbetarefresh.blogspot.com/2012/09/rahasia-langsing-orang-jepang.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com
Diterbitkan Oleh : Lebihunik.com

ARTIKEL TERKAIT