9 September 1948: PON Pertama di Surakarta

Di Terbitkan Ardana


Quote:


Sebelum Membaca dan menyimak, alangkah baiknya bila ente memberikan rate untuk thread ane
[imagetag]


[imagetag]


Quote:


Apakah Thread Ane Repost?
:ketupat[imagetag]:ketupat

[imagetag]

[imagetag]


Quote:


PON 1 atau Pekan Olahraga Nasional pertama Indonesia yang diadakan di Surakarta pada 9–12 September 1948. Tanggal pembukaannya, 9 September, kemudian diperingati setiap tahunnya sebagai Hari Olahraga Nasional.

Pembukaan PON pertama ini diresmikan oleh Presiden Pertama Republik Indonesia Soekarno dan acara penutupannya dilakukan oleh Sri Sultan Hamengkubuwono IX Selaku Ketua Komite Olimpiade Republik Indonesia (KORI) (sebelum bergabung dengan KONI dan sejak 2007 menjadi Komite Olimpiade Indonesia).

Pekan Olahraga Nasional I ini diikuti oleh sekitar 600 atlet yang bertanding pada 9 cabang olahraga yakni Atletik, Lempar Cakram, bulu tangkis, sepak bola, tennis, renang, Pencak silat, Panahan dan Bola Basket dengan jumlah total medali (emas, perak, perunggu) yang diperebutkan sebanyak 108 medali. Pesertanya bukan pada tingkat propinsi melainkan pada tingkat Kota dan Karesidenan. Ada 13 partisipan yakni Surakarta, Yogyakarta, Bandung, Madiun, Magelang, Malang, Semarang, Pati, Jakarta, Kedu, Banyuwangi dan Surabaya. Juaranya adalah kota Solo atau Surakarta dengan total medali sebanyak 36 medali.


SUMBER

[imagetag]
Kalo berkenan bagi batanya ya gan
:batabig:batabig:batabig

[imagetag][/center]

Postingan menarik lainnya:

09 Sep, 2012


-
Source: http://kaskusbetarefresh.blogspot.com/2012/09/9-september-1948-pon-pertama-di.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com
Diterbitkan Oleh : Lebihunik.com

ARTIKEL TERKAIT