6 Cara Atasi Sindroma Pra Menstruasi

Di Terbitkan Ardana

[imagetag]

Pre Menstruasi Syndrome, atau yang sering disebut PMS, kerap kali menjadi masalah serius bagi para wanita. Perubahansuasana hati yang menjadikan lebih sensitif terkadang mengganggu mood kerja.Atau juga gangguangangguan lain yang selalu mengikuti, seperti rasa mual,kembung, nyeri pada persendian dan yang lainnya. Nah, agar masalah PMS initidak mengganggu aktivitas Anda, ada beberapa cara mudah untukmengatasinya.

1. Lakukankegiatan santai

"Lakukan segala hal yang dapat membuatAnda merasa lebih santai," kata Ginsburg. PMS ini bersifat individual,jadi Anda dapat menggunakan eksperimen masingmasing untuk menemukan kegiatanapa yang sekiranya dapat menjauhkan dari stres. Tentu ini berbeda paDa setiaporang. Misalnya yoga, meditasi, atau akupunKtur yang dapat memberikan relaksasipada otot progresif dan latihan pernafasan yang baik.

2. Tidur cukup

Belum dilakukan penelitian mengenai korelasiwaktu istirahat dengan efek PMS. Namun biasanya pada kondisi yang leleh, Andaakan menjadi lebih rewel dari biasanya, dan segala sesuatu tampak menjadiburuk, demikian dijelaskan Sonderheimer. Gunakan waktu tidur malam dengansebaikbaiknya untuk memenuhi kebutuhan jam tidur, bahkan pada akhir pekansekalipun.

3. Olahragaringan

Sebuah studi mengatakan bahwa kegiatanberjalan kaki santai dapat mengurangi gangguan PMS, para ahli juga mengatakanjika olahraga dapat mengatasi persoalan ini. "Ini sangat bagus untukmenghilangkan stres, sekaligus melepaskan hormon endofin, sehingga suasana hatimenjadi baik," kata Frances Ginsburg, MD, direktur endokrinologireproduksi dan infertilitas di Stamford Hospital di Stamford.

"Kebanyakan wanita merasa lebih baiksecara keseluruhan ketika mereka berolahraga teratur, Anda dapat memilih jenisolahraga apa saja yang Anda suka."

4. Konsumsikalsium lebih

Kalsium dan vitamin D terbukti dapatmemperbaiki gejala PMS. Untuk itu Anda disarankan untuk mengkonsumsi bahanmakanan yang banyak mengandung keduanya, seperti susu skim, yoghurt rendahlemak, sayuran hijau, atau juga jus jeruk. "Boleh juga menambahkan suplemenagar kebutuhan 1.200 mg kalsium dan 600 unit vitamin D per haritercukupi," kata David Plourd, MD,seorang dokter ahli di San Diego.

5. Makan karbohidrat

Sama halnya dengan kalsium, karbohidratkompleks juga dapat mengurangi perubahan suasana hati yang biasa terjadimenjelang menstruasi. Roti gandum, pasta, beras merah dan kacang-kacanganadalah karbohidrat yang sangat disarankan. Atau Anda dapat mencobaoatmeal untuk sarapan sebagai penggantisereal manis, atau segenggamkacang kedelai, menggantikan sandwich.

Kurangi juga kadar garam dalam masakan yangdapat membuat perut menjadi kembung. Jika Anda merasa PMS ini membuat suasanacemas, hindari konsumsi kafein.

6. Obatpenghilang nyeri

Non-steroid anti-inflammatory drugs (NSAID)disebut sebagai obat yang dapat meringankan nyeri payudara, sakit kepala dansakit punggung, dan mual yang umum terjadi pada saat PMS. Anda dapat meminumnyasatu atau dua hari sebelum periode menstruasi. Untuk penggunaan jangka panjang,sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu pada dokter pribadi Anda, karena obatini dapat mengakibatkan gangguan pada lambung.

Sumber

#ad2fcb

Blogger 22 Dec, 2012


-
Source: http://bukanklikunic.blogspot.com/2012/12/6-cara-atasi-sindroma-pra-menstruasi.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com
Diterbitkan Oleh : Lebihunik.com

ARTIKEL TERKAIT