Anda Tak Akan Menemukan yang ke-13 di 13 Hal Berikut [Serba 13]

Di Terbitkan Ardana

Selamat Datang di Thread Serba 13

Di sini agan akan mungkin tak akan pernah menemukan yang ke-13 di beberapa hal pada kehidupan sehari-hari agan.

1. Angka 13 pada Jam Analog Saat Ini.

Sistem penggunaan 12 jam bisa dilacak hingga zaman Mesopotamia dan Mesir Kuno. Bangsa Mesir menggunakan Jam matahari kala siang dan jam air saat waktu malam. Dua jam ini membagi waktu 1 hari mereka ke dalam 12 jam terpisah.

Jam mekanik pertama dibuat pada abad 14 berhasil menunjukkan 24 jam sekaligus dengan skema dial 24 jam. Di Eropa Utara, dial yang umum digunakan adalah skema penomoran 12 jam namun menunjukkan periode a.m dan p.m. Skema ini lebih dikenal dengan istilah sistem Double-XII. Sementara itu di italia, penomoran sistem 24 jam lebih disukai (I - XXIV). Penggunaan sistem 12 jam di Inggris akhirnya tergerus oleh sistem 24 jam ini.

Selama periode abad 15 dan 16, sistem dial analog 12 jam lebih disukai karena lebih sederhana dan lebih murah pembuatannya. Lambat laun sistem ini akhirnya menjadi standar di Eropa Utara dan digunakan oleh masyarakat umum. Sistem dial analog 24 jam disimpan dan hanya digunakan untuk aplikasi khusus seperti jam astronomi dan kronometer.

[imagetag]

sumber : wikipedia

2. Bulan ke 13 Dalam Sistem Kalendar Populer.

Baik kalendar Masehi dan Hijriah menganut sistem 12 bulan. Namun ada juga sistem kalendar yang sampai menggunakan 13 bulan dalam perhitungannya.

Kalendar Yahudi (Hebrew Calendar) mempunyai 12 atau 13 bulan.

1. Nisan, 30 hari
2. Iyyar, 29 hari
3. Sivan, 30 hari
4. Tammuz, 29 hari
5. Av, 30 hari
6. Elul, 29 hari
7. Tishri, 30 hari
8. Heshvan, 29/30 hari
9. Kislev, 29/30 hari
10. Tevet, 29 hari
11. Shevat, 30 hari
12. Adar 1, 30 hari
13. Adar 2, 29 hari

Adar 1 hanya ditambahkan sebanyak 7 kali dalam kurun waktu 19 tahun. Di tahun yang biasa, Adar 2 disebut dengan Adar.

3. Shio ke 13

Shio adalah simbol binatang cina yang mewakili 12 siklus tahunan. Mereka mewakili konsep siklus waktu, tidak seperti konsep waktu Barat yang diwakili dengan bintang-bintang. Kalendar Bulan Cina dibuat berdasarkan siklus dari bulan, dan dibangun dalam format berbeda dari kalendar Barat yang berbasiskan Matahari.

Menurut legenda tradisional Cina, ke dua belas binatang dikumpulkan dalam satu hari untuk menentukan siapa yang menjadi pemimpin dalam siklus pertahunan. Sang Khalik membuat kontes tersebut: siapapun yang dapat menyeberang sungai akan mendapat giliran pertama, dan sisanya akan mengikuti urutan sesuai dengan kedatangan mereka.

Ke 12 Shio itu adalah Tikus, Kerbau, Macan, Kelinci, Naga, Ular, Kuda, Kambing, Monyet, Ayam, Anjing, Babi.

Kalau saja ada shio ke-13, maka binatang yang mesti masuk menurut ane adalah Kecoa. Karena tahan banting berjuta tahun. Kalau menurut agan apa?

[imagetag]

sumber : http://www.gemintang.com/ramalan-nas...pan/shio-cina/

4. Mobil dengan nomor 13 dan Tim ke 13 di Formula 1 (F1) Modern

Mobil bernomor 13 pernah muncul sekali di Grand Prix. Moises Solana lolos di urutan 11 untuk race pertamanya di Mexico 1963 menggunakan BRM bernomor 13. Ia finish di urutan 11 meskipun mesinnya rusak di 8 laps sebelum garis finish.

Solana lanjut berkompetisi di 7 Grand Prix lainnya tapi tak pernah lagi menggunakan nomor 13.

[imagetag]

Kejadian lainnya yang memunculkan nomor 13 di F1 terjadi tahun 1976 ketika Divina Galica berjuang untuk lolos kualifikasi untuk pertama kalinya di Brandfs Hatch menggunakan mobil Surtees-Ford nomor 13. Ia gagal juara tahun itu, sama halnya ketika ia mencoba untuk bertanding di tahun 1978.

Mulai 1996 sistem penomoran mobil F1 berdasarkan performa tim sejak tahun 1973. Jumlah tim yang bertanding pun dibatasi hanya 12 tim yang berarti hanya 24 mobil yang bisa ikut balapan. Kalau ada 13 tim atau lebih, tentu sirkuit akan tambah sumpek.

[imagetag]

sumber : http://joesaward.wordpress.com/2009/...-in-formula-1/ dan wikipedia

5. Lantai 13, Kamar 13, Rumah nomor 13 Pada Arsitektur Barat.

Akibat mitos bahwa angka 13 adalah angka sial (Unlucky 13) maka muncul suatu ketakutan terhadap angka ini yang disebut dengan Triskaidekaphobia.

Umumnya para arsitektur yang berkiblat ke Eropa dan Amerika mempunyai phobia ini dan akan selalu menghindar untuk menggunakan angka 13, dan menggantinya dengan angka 12B jika perlu.

[imagetag]

sumber : beragam sumber

6. Atlit Triathlon bernomor 13

Tidak ada atlit triathlon yang akan mengenakan nomor 13 saat Olimpiade, baik di nomor pria maupun wanita, dan sama halnya untuk semua perlombaan yang diselenggarakan oleh International Triathlon Union (ITU).

Info dari wikipedia menyatakan ini adalah suatu tradisi. Penomoran atlit dimulai dari angka 1, setelah angka 12 maka langsung ke nomor 14.

[imagetag]

sumber : http://www.triathlon.org/news/articl...y_the_numbers/

7. Murid Yesus ke 13

Menurut tradisi, Keduabelas Rasul terdiri atas Petrus (yang menurut beberapa denominasi adalah "Ketua Para Rasul"), Andreas, Yakobus Besar, Yakobus Kecil, Yohanes, Filipus, Bartolomeus, Matius, Tomas, Tadeus, Simon, dan Yudas Iskariot. Setelah mengkhianati Yesus, Yudas mati bunuh diri. Setelah kematian Yudas, Matias menjadi salah satu dari Keduabelas Rasul. Dalam Injil-Injil sinoptik, Markus merinci nama-nama Keduabelas Rasul, Matius mengikuti daftar Markus, dan Lukas mengganti Tadeus dalam daftar Markus dengan Yudas. Yohanes mencatat Keduabelas Rasul tanpa merinci semua nama mereka, dia menambahkan Natanael, dan menggunakan istilah "Murid yang dikasihi" (agaknya untuk menyebut Yohanes). Dipilihnya duabelas orang sebagai murid terdekat dengan Yesus itu mungkin sekali ada sangkut-pautnya dengan Duabelas Suku Israel.

Meskipun ada beberapa versi daftar dari tiap Injil-injil Sinoptik, namun jumlah 12 saja yang tetap, sehingga tidak ada murid yang ke 13. Tapi ada beberapa pendapat yang menganggap bahwa Paulus sebagai murid Yesus yang ke-13.

[imagetag]

sumber : wikipedia

8. Suku Israel ke 13

Yang dimaksud dengan keduabelas suku Israel adalah keturunan dari orang anak laki-laki Israel: Ruben, Simeon, Lewi, Yehuda, Zebulon, Isakhar, Dan, Gad, Asyer, Naftali, Yusuf, dan Benyamin.

Jadi jika ada suku lain yang mengkau sebagai keturunan Israel tapi dari sisi anak perempuan, maka ia bukanlah termasuk dari bangsa Israel.

sumber : wikipedia

9. Tombol F13 di keyboard

Function key adalah tombol pada keyboard komputer atau terminal yang bisa diprogram sebagai perintah interpreter operating sistem atau sebagai suatu perintah pada program aplikasi. Di beberapa keyboard/komputer, function key sudah punya default action yang bisa di akses jika power menyala.

Penomoran tombol umumnya berhenti di F12. Ada pengecualian yaitu pada komputer IBM 5250, pernah muncul konsep F13-F24 yang diletakkan sejajar dua baris dengan F1-F12 berada di posisi atasnya.

[imagetag]

sumber : wikipedia

10. 13 Pasang Tulang Rusuk di Tubuh Manusia

Dalam anatomi, tulang rusuk atau iga (Latin: costae adalah tulang panjang yang melengkung dan membentuk rongga rusuk.) Tulang rusuk melindungi dada (Latin: thorax), paru-paru, jantung, hati, dan organ dalam lainnya di rongga dada.

Manusia (baik pria dan wanita) memiliki 24 tulang rusuk (12 pasang). Hal ini pertama kali dikemukakan oleh Vesalius pada 1543 untuk menyelesaikan kontroversi yang terjadi pada saat itu.

Namun, jangan heran jika ada orang yang punya 13 pasang tulang rusuk. Berdasarkan statistik ilmu kedokteran, ada 8% manusia di seluruh dunia yang memiliki 13 pasang tulang rusuk. Jumlah ini sekitar 548,688,000 orang di seluruh dunia yang punya extra tulang rusuk.

[imagetag]

sumber : wikipedia & http://www.chacha.com/question/how-m...-instead-of-12

Postingan menarik lainnya:

04 Nov, 2012


-
Source: http://kaskusbetarefresh.blogspot.com/2012/11/anda-tak-akan-menemukan-yang-ke-13-di.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com
Diterbitkan Oleh : Lebihunik.com

ARTIKEL TERKAIT